Rabu, 27 Mei 2009

Penelusuran Nasab

Haji Kurdi adalah putra sulung dari tujuh bersaudara dari Haji Sulaiman b Abdurrohman Limbangan Brebes. H Sulaiman menikah dengan Hj. Maimunah putri KH. Asy'ari (Darpuna Tegal yang kemudian babad alas di Gandasuli Brebes) . H. Kurdi memiliki istri bernama Muslimah putri dari pasangan Haji Hasyim bin H. Umar dengan BM.Suprapti dan menetap di Kauman Brebes tepatnya di samping sebelah barat pendopo Kabupaten Brebes. Kalau dirunut nasabnya H. Hasyim b H. Umar adalah keturunan dari KRM Tejokusumo adik kandung RAA Singasari Panatayuda/Kyai Suro (Bupati Brebes ke 4 menggantikan Pusponegoro II tanggal 1 Juli 1809 ) sedangkan BM Suprapti sendiri juga memiliki nasab yang sama yaitu keturunan dari adik kandung KRM Tejokusumo.
Perlu diketahui juga bahwa KRA Singasari Panatayuda adalah putra pasangan KR. Singanegara (Bupati Karawang Th. 1786 M) dengan Nyai R. Amsiah Singasari Kusuma bt KR. Arya Panatayuda /Dalem Sorambi (Bupati Karawang ) (Silsilah ini diperoleh dari Abdul Syukur alias Uung bin Masduki bin Haji Kurdi bin Haji Sulaiman bin Abdurrohman)

11 komentar:

  1. Salam kenal, kang. Wah, akhirnya saya nemu saudara jauh lagi! Saya keturunan dr R.A.A. Singasari Panatayuda I dan II (kalau yang jadi bupati Brebes sampe Singasari Panatayuda III). Kalau boleh tau, akang domisili di Brebes, Jawa Barat, ato dmana? Kalo keluarga besar saya, sejak jaman uyut saya, udh tinggal di Jawa Barat (Purwakarta) lagi. Skrg orang tua saya tinggal di Bekasi. Singasari Panatayuda II tuh janggawareng saya (kakek dari uyut). Hatur nuhun sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, saudara jauh ni. Saya Hanif bin M.Anas bin Abas bin Hasyim bin Umar bin KRM Tedjokusumo bin Aria Singasari Panatayuda I. Pengetahuan juga baru tau saya keturunan Karawang. Salam.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum, saudara jauh ni. Saya Hanif bin M.Anas bin Abas bin Hasyim bin Umar bin KRM Tedjokusumo bin Aria Singasari Panatayuda I. Pengetahuan juga baru tau saya keturunan Karawang. Salam.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum, saudara jauh ni. Saya Hanif bin M.Anas bin Abas bin Hasyim bin Umar bin KRM Tedjokusumo bin Aria Singasari Panatayuda I. Pengetahuan juga baru tau saya keturunan Karawang. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikumussalam wrwb, mungkin mas sid
      qi bisa melengkapi data yg kami sampaikan, kalau saya memanggil bapak mas sidqi adalah pak de, karena mbah muslimah adalah adik kandung mbah abas, salam buat keluarga tks

      Hapus
    2. Mas Edi, kalai berdasarkan silsilah yang ad di Geni, yang merupakan sisilahbSingaperbangsa, KRM Tedjokusumo itu anaknya Singasari Panatayuda 1. Singasari Panatayuda 2, merupakan kakak dari KRM Tedjokusumo. Mas Edi ada kontak gak?. mungkin bisa kirim ke email saya shidqi.hs@gmail.com. salam.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Asslamualaikum,

    menurut bapak saya, singasari penatayuda berasal dari kampung Lojami, brebes( bersebelahan dengan kampung suro)dan nama aslinya singadiwangsa bin singatruna

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum,
    kalau tidak salah anak dari Adipati Arya Singasari Panatayuda I ada 5. 1. Adipati Arya Singasari Panata yuda II. 2. RM Tedjokusumo. anak ke 3-5 namanya siapa saja ?

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum.. saya Ayu Maharani cucu dari Mbah Ilyas dan Rodotun (Brebes) anak ke 2 dari H.Kurdi
    Terakhir saya ke Brebes tahun 2015.. papi saya anak pertama dari Mbah Rodotun yang bernama Budiman Ilyas

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum wr wb. Adakah disini yg mempunyai petunjuk ttg sejarah KA Arya Singasari Panatayuda 3 dan istrinya karena menurut sejarah setelah beliau menjabat tidak ada trah dr Karawang yg menjabat Bupati brebes berikutnya

    BalasHapus